Apa itu Paintball

Pengertian Paintball

paintball

Paintball adalah suatu permainan simulasi perang dimana seorang atau kelompok pemain berusaha untuk mengalahkan pemain / kelompok lain dengan cara memberi tanda cat di tubuh lawan. Peluru cat yang digunakan harus terbuat dari bahan yang aman dan tidak beracun, sedangkan “senjata” yang digunakan untuk menembakkannya biasa disebut “paintball marker” atau “paintball gun”. Peralatan lain yang harus ada ialah masker pelindung wajah (google). Selain untuk permainan, teknologi ini juga digunakan sebagai simulasi / latihan militer yang lebih serius. Ide permainan paintball pertama kali muncul pada tahun 1976 oleh Evan Thomspon, dan dimainkan pertama kali pada tahun 1981. Permainan ini bisa dilakukan di dalam maupun di luar ruangan dengan barikade alam dan barikade buatan.

Peralatan

Peralatan utama yang diperlukan:

1. Paintball marker atau paintball gun adalah “senjata” atau peralatan yang paling utama. Senjata untuk permainan ini memiliki loader / hopper yang merupakan tempat / wadah peluru cat serta sebuah tabung gas bertekanan tinggi sekitar 4500 Psi. Senjata juga dilengkapi kunci pengaman untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Peluru. Merupakan amunisi utama pada permainan ini, berupa peluru yang berisi cairan berwarna / cat. Bahan cat yang digunakan tidak berbahaya bagi manusia maupun bagi lingkungan.

3. Masker pelindung wajah (Goggle). Adalah perangkat keamanan untuk melindungi area wajah terutama bagian mata. Selama berada di arena permainan, pemain tidak diperkenankan ntuk melepas masker. Sampai saat ini masker untuk permainan ini sudah dibuat sedemikian rupa sehingga sangat nyaman digunakan dan tentu saja aman.

Selain peralatan di atas, masih banyak peralatan tambahan yang umumnya dimiliki oleh pecinta aktivitas outbound ini, diantaranya seperti tempat menyimpan peluru cadangan (pods), pelindung lutut dan siku, pakaian seragam militer, sarung tangan dan lain sebagainya.

Aktivitas outbound paintball ini tentu saja memiliki banyak manfaat yang pastinya bisa di aplikasikan ke kehidupan sehari hari. Manfaat yang dimaksud salah satunya adalah melatih respon kita akan perubahan situasi dengan cepat. Selain itu, aktivitas ini juga melatih kekompakan tim, fokus terhadap tujuan bersama, konsentrasi, dan banyak hal positif lainnya.

Jika Anda berminat atau ingin tau lebih banyak mengenai aktivitas outbound ini, bisa langsung hubungi kami disini.

Sumber: paintballbandung.com

%d blogger menyukai ini: