Apa itu outbound

outbound

Outbound secara singkat diartikan sebagai aktivitas diluar ruangan. Dengan kondisi tingkat persaingan yang tinggi di masa sekarang biak dalam lingkungan kerja maupun kehidupan sosial, tingkat stress dan bosan akan ikut meningkat dimana hal tersebut harus dihadapi setiap hari. Outbound merupakan salah satu alternatif yang sering digunakan untuk memecahkan stress dan bosan tersebut agar terciptanya suasanya yang lebih segar (fresh) dan menurunkan tingkat stress / bosan yang sudah lama tertumpuk baik itu di sebuah lembaga, perusahaan, sekolah (pendidikan), komunitas, dan lain lain.

Tapi…, apa itu outbound?

Pengertian

Outbound Training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Tujuan Outbound :

  1. Mengetahui dan memahami adanya “individual differences” yaitu tiap individu adalah unik.
  2. Mampu melakukan penilaian pada diri sendiri “Self Assessment” bahwa kekuatan diri ada pada tangan kita sendiri dan pada pilihan- pilihan kita.
  3. Meng-upgrade kepekaan “Self Awareness” terhadap orang lain.
  4. Menambah rasa kepercayaan diri dan keberanian mengambil risiko “Risk Taking Behavior”.
  5. Meningkatkan ketrampilan komunikasi.
  6. Mampu membuat perencanaan dengan pertimbangan risiko dan konsekuensinya.
  7. Mampu membentuk tim yang efektif / kekompakan.
  8. Meningkatkankemampuan kepemimpinan.
  9. Menumbuhkan sikap ksatria dan sportif.

Materi Outbound :

  1. Ice Breaking (Mencairkan Suasana) Memecahkan suasana yang kaku, dalam session ini para peserta diharapkan lebih mengenal antara peserta yang satu dengan yang lainnya.
  2. Communication (Komunikasi) Peserta akan dikoordinasikan dalam situasi permainan-permainan yang menarik, tidak membosankan. Berkomunikasi dapat membangkitkan rasa percaya terhadap rekan dan kelompoknya.
  3. Team Building. Jenis permainan yang bersifat menghibur juga mengajarkan kepada peserta mengenai berbagai pengetahuan yang hanya bisa diperoleh melalui pengalaman (experience) sendiri, serta wawasan peserta akan terasa dan bertambah kaya.

Sumber: wikipedia

Jika tertarik akan aktivitas outbound atau ingin tahu lebih banyak, silahkan langsung menghubungi kami disini.

%d blogger menyukai ini: